Manfaat Es Krim bagi Kesehatan


Es krim termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim di antaranya: lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), krim, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa. Sedikitnya 100 gram es krim yang berbahan susu memiliki 110-130 kalori dengan kandungan protein 2.5 - 3 gram. Berikut manfaat es krim bagi kesehatan kita :

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Jika kamu menghindari es krim karena kamu tidak ingin menambah berat badan, ini mungkin hanya sebuah pemikiran yang umum kamu temui. Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang makan setidaknya satu porsi harian dari produk susu penuh lemak seperti es krim akan berkurang berat badannya daripada yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Setengah cangkir es krim vanila atau es krim cokelat yang memiliki sekitar 140 kalori, lemak dan gula 7g 14g dapat menjadi bagian yang wajar untuk diet kamu. 

2. Dapat Membantu Melawan Infertilitas
Sebuah studi Harvard yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction menunjukkan bahwa mengkonsumsi susu atau es krim penuh lemak dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk memiliki bayi. Studi ini dilihat dari kebiasaan makan lebih dari 18.000 wanita antara usia 24 tahun dan 42 tahun. Wanita yang makan makanan penuh lemak seperti es krim dua kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 38% lebih rendah dari infertilitas ovulasi 

3. Memiliki Nutrisi Penting
Tidak ada yang menyangkal bahwa es krim adalah makanan yang kesehatan. Bahan utamanya adalah krim, susu, gula. Bahan-bahan yang ter es krim tidak memberikan tubuh Anda dengan beberapa nutrisi penting, termasuk kalsium dan fosfor. Selain itu pada satu sendok es krim memiliki banyak kandungan vitamin A, D, K dan B12. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin D menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal. Vitamin K meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuka sel darah tersumbat. Vitamin B12 meningkatkan memori dan sistem saraf.

4. Mengurangi Peradangan
Es krim mempunyai banyak varian rasa, salah satu rasa yang sangat familiar adalah es krim rasa cokelat. Coklat yang terdapat dalam es krim mempunyai manfaat untuk tubuh. Es krim jenis ini kaya akan flavonoid yang dapat membantu mengurangi peradangan arteri jantung. 

5. Es krim dapat mencegah Osteoporosis
Osteoporosis adalah kondisi progresif di mana tulang menjadi lemah dan secara struktural lebih mungkin untuk fraktur atau patah. Osteoporosis banyak ditemukan pada wanita pasca menopause pada usia 40-50 tahun, terutama wanita berkulit terang dan memiliki riwayat keluarga osteoporosis. osteoporosis tidak memiliki gejala sampai patah tulang terjadi. Wanita paling sering mengalami patah tulang di pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Tapi fraktur pun bisa menjadi tanda peringatan bahwa tulang lebih lemah.
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

 
Top